Rabu, 15 September 2010

Piala AFF 2010 Akan Sangat Menegangkan, Diharapkan Tidak Ada Sentimen Anti-Malaysia

Hasil pembagian grup yang dilangsungkan Rabu (15/9) sore di Hotel Sheraton, Hanoi, Vietnam, mempertemukan Indonesia dalam grup tangguh, Grup A bersama Thailand, Malaysia, dan pemenang babak kualifikasi.

Sedangkan di Grup B, tuan rumah Vietnam diundi dengan Singapura, Myanmar dan runner-up babak kualifikasi. Empat tim yang bersaing memperebutkan dua tiket kualifikasi adalah Laos, Kamboja, Timor Leste dan Filipina pada 16-24 Oktober mendatang di Laos.



Acara drawing dari pesta sepakbola dua tahunan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ini turut disaksikan langsung oleh sekretaris jenderal PSSI Nugraha Besoes, ketua panitia pelaksana Piala AFF untuk Indonesia Joko Driyono, serta asisten pelatih timnas Indonesia Wolfgang Pikal.

 Menyikapi hasil undian ini, Nugraha Besoes mengakui Grup A akan berlangsung "sangat menegangkan." Di sisi lain, sekretaris jenderal PSSI ini berharap laga Indonesia kontra Malaysia berlangsung secara damai.


"Saya berharap tidak ada rasa permusuhan atau sentimen anti-Malaysia saat AFF Championship itu nanti. Olahraga adalah olahraga. Akan lebih membanggakan dan terhormat bila masyarakat atau pecinta sepakbola nasional memberikan dukungannya yang luar biasa secara sportif pada timnas kita," imbau Nugraha Besoes.

Sekjen PSSI juga yakin, pemerintah pun akan memberikan dukungannya yang luar biasa pada perjuangan timnas Indonesia, mengingat adanya kepedulian dan perhatian tingggi dari pemerintah terhadap pembangunan sepakbola nasional.

"Ini sekaligus menjadi momen yang baik bagi timnas Indonesia untuk mengembalikan kepercayaan dan kecintaan masyarakat Indonesia," tegas pria yang lebih akrab disapa Kang Nug.

Nugraha Besoes juga tidak sependapat jika timnas Indonesia disebut-sebut butuh keajaiban untuk lolos dari penyisihan grup.

"Saya tidak sependapat kalau dikatakan seperti itu. Tidak ada yang namanya keajaiban di sepakbola. Semua tim punya kans yang sama, tergantung pada persiapan dan penampilanya di lapangan," sebut Nugraha.

Menyinggung lebih jauh tentang pembagian grup itu, Nugraha menyebutkan, tinnas Indonesia memang tak bisa terhindari dari pertemuan dengan Thailand dan Malaysia karena ketentuan slot-nya demikian. Menurut Nugraha, slot untuk Grup A ini adalah 2-4-4, yakini unggulan kedua, serta dua unggulan empat.

"Unggulan kedua adalah Thailand, sedangkan Indonesia dan Malaysia sama-sama menjadi unggulan empat," katanya.

Slot untuk penyisihan grup B adalah 1-3-5, artinya, satu untuk Vietnam sebagai unggulan pertama, didampingi Singapura dan Myanmar sebagai unggulan tiga dan lima. 


Sementara itu, Manajer timnas senior Andi Darussalam Tabusalla menyatakan, persaingan untuk menyebutkan diri yang terbaik di kawasan Asia Tenggara dalam Piala AFF 2010 pada 1-29 Desember mendatangan sangat ketat.

Menurut Andi, keenam tim yang berlaga di pesta sepakbola Asia Tenggara dua tahunan itu memiliki peluang yang sama untuk lolos ke semi-final. Keenam tim yang dimaksud adalah Indonesia, Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Myanmar.

“Saya pikir semua tim mempunyai peluang yang sama untuk lolos ke semi-final. Tapi yang terpenting adalah bagaimana timnas mempersiapkan diri secara maksimal,” ujar Andi.
 

Sumber : goal.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar