Minggu, 13 Juni 2010

Gol Carlos Vela offside atau tidak ? Kami jelaskan...!!!

Anda menyaksikan pertandingan Piala dunia antara tuan rumah Afsel dengan Mexico.
Pasti anda bertanya tanya tentang gol Carlos Vela...???

Gol Carlos Vela dalam laga pembuka Piala Dunia 2010 antara Afrika Selatan melawan Meksiko dianulir oleh wasit. Banyak dari penggila sepakbola sekaliber komentator RCTI yang bingung karena melihat jelas tidak adanya offside atau pelanggaran sebelum gol terjadi.

Salah satu peraturan paling mendasar dari FIFA mengenai offside berbunyi kurang lebih: Pemain dalam situasi menyerang tidak boleh lebih dekat dengan garis gawang tim lawan ketimbang pemain terakhir kedua tim lawan yang bertahan.

Coba saksikan video YouTube ini dan baca penjelasan sederhana kami di bawah.



Ok bila Anda telah saksikan video tersebut, coba baca penjelasan sederhana berikut:

Coba pembaca andaikan Steven Pienaar yang berdiri sendirian dekat tiang gawang adalah seorang kiper, sementara kiper Meksiko sesungguhnya Oscar Perez adalah seorang pemain belakang. Pengandaian ini hanya untuk memudahkan saja karena rata-rata penggila bola lebih terbiasa dengan situasi offside dimana kiper sebagai pemain terakhir, sedangkan dalam kasus ini, keadaan justru sebaliknya, sehingga terlihat tidak biasa.

Jadi saat bola disundul oleh Giovani dos Santos, kiper Meksiko (Oscar Perez) sebagai pemain terakhir kedua sudah terlebih dahulu maju, dan posisi Vela yang lebih dekat ke garis gawang ketimbang kiper Meksiko membuatnya berada dalam posisi offside.

Cerita mungkin berbeda bila Vela tidak menyentuh bola sama sekali, maka bila sundulan dari Santos masuk ke gawang, gol selayaknya tidak dianulir, karena Vela biar berada dalam posisi offside, tidak terlibat langsung permainan.

Atau bisa juga misalnya tendangan sudut tak sempat di sundul Santos dan bola langsung sampai kepada Vela dan menjadi gol, maka posisi Vela takkan disebut offside karena Vela menjadi orang pertama yang mengolah bola setelah tendangan sudut dilakukan.

Dapat gambarannya? :)

Jadi memang benar keputusan wasit, Carlos Vela offside, dan gol tidak sah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar